Silsilah Hadits-Hadits Dla’if Pilihan-3 [Besar-besarkan
Qurban...] (karya Syaikh al-Albany)
Rabu, 19 Januari
05
Mukaddimah
Pada menjelang hari-hari ‘Idul Qurban
ini banyak kita dengar para khatib membacakan hadits-hadits yang intinya
memberikan sugesti agar kita berkurban, tetapi kadangkala di antara
hadits-hadits tersebut banyak yang perlu ditinjau ulang lagi, apakah kualitasnya
terjamin alias dapat dijadikan hujjah atau kah tidak.?
Salah satunya
adalah hadits yang kita kaji kali ini, silahkan simak selanjutnya.!!
Teks Hadits
عَظِّمُوْا ضَحَايَاكُمْ فَإِنَّهَا عَلَى الصِّرَاطِ
مَطَايَاكُمْ
“Besar-besarkan qurban-qurban kamu sebab ia akan menjadi
kendaraanmu di atas shirath (kelak).”
Kualitas hadits:
Tidak ada asalnya dengan lafazh semacam ini.
Ibn
ash-Shalaah berkata, “Hadits ini tidak dikenal dan tidak tsabit (valid).”
Dinukil oleh syaikh Isma’il al-‘Ajluny di dalam kitab Kasyf
al-Khafaa`, sebelumnya dinukil oleh Ibn al-Mulaqqin di dalam kitab
al-Khulashah (Jld.II, h.164), dia menambahkan, “Menurutku, pengarang
Musnad al-Firdaus menisbatkannya dengan lafazh “Istafrihuu”
sebagai ganti lafazh “’Azhzhimuu” (di atas). Kedua-duanya bermakna,
“Berkurbanlah dengan qurban yang mahal, kuat dan gemuk.”
Syaikh
al-Albany mengomentari: “Dan sanadnya Dla’if Jiddan (lemah sekali).
(Lihat, Silsilah al-Ahaadiits adl-Dla’ifah Wa al-Mawdluu’ah Wa
Atsaruha as-Sayyi` Fi al-Ummah, Jld.I, h.173-174, no.74)
Di dalam
buku yang sama, jld.III, h.411, no.1255, Syaikh al-Albany mengetengahkan hadits
lainnya yang semakna dengan hadits di atas, hanya berbeda lafazh saja, yaitu
dengan teks:
اِسْتَفْرِهُوْا ضَحاَيَاكُمْ فَإِنَّهَا مَطَايَاكُمْ
عَلَى الصِّرَاطِ
Syaik al-Albany mengomentari:
“Kualitasnya Dla’if Jiddan
(Lemah Sekali). Hadits ini diriwayatkan oleh adl-Dliyaa` di dalam kitab
al-Muntaqa Min Masmuu’aatihi Bi Marw (Jld.II, h.33), dari Yahya bin
‘Ubaidullah, dari ayahnya, dia berkata, ‘Aku mendengar Abu Hurairah berkata, …
Lalu ia menyebutkannya secara marfu’.”
Menurutku (Syaikh al-Albany):
“Sanad ini Dla’if Jiddan . Alasannya, ada cacat pada
periwayat bernama Ibn ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah bin Mawhib al-Madany. Ahmad
berkata, ‘Ia bukan periwayat yang Tsiqah.’ Ibn Abi Hatim dari ayahnya
berkata, “Ia seorang periwayat hadits yang lemah, bahkan hadits yang
diriwayatkannya Munkar Jiddan.” (Hadits Munkar adalah hadits yang
diriwayatkan oleh periwayat yang lemah bertentangan dengan riwayat-riwayat para
periwayat yang Tsiqat-red.,).
Imam Muslim dan an-Nasa`iy berkata,
“Haditsnya ditinggalkan (tidak digubris).”
Sedangkan ayahnya,
‘Ubaidullah adalah seorang periwayat yang Majhul (anonim).
Imam
asy-Syafi’iy dan Ahmad berkata (lafazh ini berasal dari Ahmad), “Ia periwayat
yang tidak dikenal.”
Sedangkan Ibn Hibban memasukkannya dalam kitabnya
“ats-Tsiqaat” yang berkata, “Anaknya, Yahya meriwayatkan darinya, padahal
ia tidak ada apa-apanya sedangkan ayahnya seorang periwayat yang Tsiqah.
Terjadinya hadits-hadits Munkar pada haditsnya karena bersumber dari anaknya,
Yahya.”
Kemudian saya (Syaikh al-Albany) melihat bahwa al-Hafizh Ibn
Hajar dalam bukunya Talkhiish al-Habiir (Jld.IV, h.138) berkata,
“Dikeluarkan oleh pengarang Musnad al-Firdaus dari jalur Yahya bin
‘Ubaidullah bin Mawhib…Dan Yahya adalah seorang periwayat yang Dla’if
Jiddan.”
(Lihat, Silsilah al-Ahaadiits adl-Dla’ifah Wa
al-Mawdluu’ah Wa Atsaruha as-Sayyi` Fi al-Ummah, Jld.III, h.411, no.1255)