Silsilah Hadits-Hadits Dla'if Pilihan-1 (karya Syaikh
al-Albany)
Jumat, 24 September 04
Mukaddimah
Mengingat hadits Dla’if (Lemah) sangat
banyak terpublikasi di tengah masyarakat awam dan bahayanya bagi ‘aqidah serta
keberagamaan mereka, maka kiranya perlu diantisipasi dengan membongkar dan
menyingkap hadits-hadits tersebut serta menjelaskan derajat (kualitas) nya
sehingga umat menjadi melek karenanya.
Salah satu upaya yang patut
diacungi jempol dan mendapat sambutan positif di kalangan ulama Islam
kontemporer, adalah buah karya dari Syaikh al-‘Allamah, Nashiruddin al-Albany
atau yang lebih dikenal dengan Syaikh al-Albany. Yaitu, buku beliau yang
berjudul Silsilah al-Ahâdîts adl-Dla’îfah yang merupakan matarantai
hadits-hadits Dla’if (lemah), yaitu yang dikategorikan Bathil, Tidak ada
dasarnya, Tidak Shahih, Dla’îf Jiddan (Lemah Sekali), Munkar, Mawdlu’ (Palsu).
Dengan dimuatnya hadits-hadits tersebut diharapkan kepada kita agar
menghindari penggunaannya dan mencukupkan diri dengan hadits-hadits yang shahih
saja. Dalam hal ini, Syaikh al-Albany juga menulis buku yang lain yaitu
Silsilah al-Ahâdîts ash-Shahîhah dimana selain hadits shahih yang dimuat
di dalam kitab ash-Shahîhain (Shahîh al-Bukhary dan Muslim), beliau juga
telah menyaring dan menyeleksi hadits-hadits yang shahih saja di dalam
kitab-kitab selain itu alias as-Sunan al-Arba’ah.
Tentunya,
setiap upaya dan niatan yang baik perlu kita junjung dan sanjung dengan selalu
berdoa agar Allah menerima amal para pencetusnya. Adapun kesalahan dan
kekeliruan, pasti akan ada sebab manusia tidak terlepas dari hal itu, karenanya
pula perlu penyempurnaan lebih lanjut atas upaya-upaya yang telah dirintis oleh
Syaikh al-Albany tersebut.
Dalam penyajian rubrik ini, kami tidak memuat
semua apa yang ditulis dan dipresentasikan oleh Syaikh al-Albany di dalam
bukunya tersebut, sebab akan terlalu panjang, di samping ada hal-hal yang
bersifat teoritis hadits yang kiranya akan menyulitkan bagi orang awam dan
pemula. Tujuan kami di sini, hanyalah ingin mengingatkan dan memberikan wawasan
kepada para pembaca bahwa hadits-hadits tersebut adalah lemah (Dla’if) yang para
ulama sepakat untuk tidak menjadikannya sebagai hujjah dalam agama, kecuali
terkait dengan hadits-hadits Dla’if dalam hal Fadlâ`il al-A’mâl
(amalan-amalan ekstra yang bernilai lebih/utama) yang memang ada di antara para
ulama memberikan persyaratan-persyaratan tertentu untuk mengamalkannya.
Terlepas dari hal itu, setidaknya apa yang kami muat ini kiranya dapat
menjadi bekal bagi para pembaca untuk lebih berhati-hati di dalam menjalankan
agama dan barangkali juga bisa mengingatkan orang-orang yang belum
mengetahuinya. Rasulullah SAW., bersabda, “Hendaklah orang yang hadir
menyampaikan kepada yang tidak hadir (ghaib).”
Semoga amal ibadah
dan niat kita senantiasa kita lakukan semata-mata untuk mendapatkan ridla-Nya
dan bernilai ikhlash, amin.
1. HADITS PERTAMA
الدِّيْنُ هُوَ اْلعَقْلُ، وَمَنْ لاَ دِيْنَ لَهُ،
لاَ عَقْلَ لَهُ
“Agama itu adalah akal, dan siapa yang tidak memiliki
agama, maka berarti dia tidak berakal.”
KUALITAS HADITS
Kualitas hadits ini adalah BATHIL
Takhrij Singkat
Redaksi seperti ini dikeluarkan oleh Imam an-Nasa`iy di dalam kitab
“al-Kuna” dan juga dikeluarkan darinya oleh ad-Dûlâby di dalam kitab “al-Kuna
wa al-Asmâ`” dari Abu Malik, Bisyr bin Ghâlib bin Bisyr bin Ghâlib dari
az-Zuhry dari Mujammi’ bin Jariyah dari pamannya secara marfu’ dengan tanpa
dimulai dengan kalimat pertama di atas “ad-Dîn Huwa al-‘Aql” .
Pendapat Para Ulama Hadits
1. Imam an-Nasa`iy, “Ini
adalah hadits Bathil dan Munkar.”
2. Ibn Hajar (ketika mengomentari lebih
kurang 30-an hadits tentang keutamaan akal yang dikeluarkan oleh al-Hârits bin
Abi Usâmah di dalam musnadnya) berkata, “Semuanya Mawdlu’”
3. Ibn al-Qayyim,
“Hadits-hadits tentang akal semuanya adalah dusta.”
Komentar Syaikh
al-Albany
Alasan kelemahan hadits ini adalah pada salah seorang
periwayatnya yang bernama Bisyr karena dia seorang periwayat yang Majhûl
(anonim) sebagaimana dikatakan oleh al-Azdy dan disetujui oleh Imam adz-Dzahaby
di dalam kitabnya Mîzân al-I’tidâl Fî Naqd ar-Rijâl dan Ibn Hajar
al-‘Asqalâny di dalam bukunya Lisân al-Mîzân.
Semua hadits-hadits
yang berkenaan dengan keutamaan akal tidak ada satupun yang shahih, sehingga
berkisar antara kualitas Dla’if dan Mawdlu’ (Palsu). Hadits-hadits seperti ini
banyak terkoleksi di dalam buku “al-‘Aql wa Fadl-luhu” karya Abu Bakar
bin Abu ad-Dun-ya atau yang lebih dikenal dengan Ibn Abi ad-Dun-ya bahkan beliau
mengkritik diamnya pentashih buku tersebut, Syaikh Muhammad Zâhid al-Kautsary
atas riwayat-riwayat yang kualitasnya demikian.
(SUMBER: Silsilah
al-Ahâdîts adl-Dla’îfah karya Syaikh al-Albany, no.1, h.53-54)