Kitab Zakat
1. Tidak ada
kewajiban zakat budak dan kuda bagi seorang muslim
-
Hadis riwayat Abu
Said Al-Khudri: ia berkata:
Dari Nabi, beliau bersabda: Tidak ada zakat pada
hasil bumi yang kurang dari lima Wasaq (tiga ratus sha'), tidak ada zakat pada
unta yang kurang dari lima ekor, tidak ada zakat pada perak yang kurang dari
lima uqiyah. (Shahih Muslim No.1625)
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Tidak ada kewajiban zakat
budak dan kuda bagi seorang muslim. (Shahih Muslim No.1631)
2. Tentang
mendahulukan zakat dan keengganan mengeluarkannya
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. mengutus Umar untuk menarik zakat.
Lalu dikatakan bahwa Ibnu Jamil, Khalid bin Walid dan Abbas, paman Nabi saw.
enggan mengeluarkan zakat. Lalu Rasulullah saw. bersabda: Penolakan Ibnu Jamil
tidak lain hanyalah pengingkaran terhadap nikmat, dahulu ia melarat, lalu Allah
menjadikannya kaya. Adapun Khalid, maka kalianlah yang menganiaya Khalid. Dia
telah mewakafkan baju besi dan peralatan perangnya pada jalan Allah. Sedangkan
Abbas, maka zakatnya menjadi tanggunganku begitu pula zakat semisalnya. Kemudian
beliau bersabda: Hai Umar, tidakkah engkau merasa bahwa paman seseorang itu
mewakili ayahnya?. (Shahih Muslim No.1634)
3. Zakat fitrah
wajib atas orang-orang muslim, berupa kurma dan gandum
-
Hadis riwayat Ibnu
Umar ra.:
Bahwa Rasulullah saw. mewajibkan zakat fitrah dari bulan Ramadan
kepada manusia, yaitu satu sha` (gantang) kurma atau satu sha` gandum atas
setiap muslim, merdeka atau budak, lelaki maupun wanita. (Shahih Muslim
No.1635)
-
Hadis riwayat Abu
Said Al-Khudri ra., ia berkata:
Kami selalu mengeluarkan zakat fitrah satu
sha` makanan atau satu sha` gandum atau satu sha` kurma atau satu sha` keju atau
satu sha` anggur. (Shahih Muslim No.1640)
4. Perintah
mengelurkan zakat fitrah sebelum salat ied
5. Dosa orang
yang enggan membayar zakat
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Setiap pemilik emas atau
perak yang tidak mau memenuhi haknya (tidak mau membayar zakat), pada hari
kiamat pasti ia akan diratakan dengan lempengan-lempengan bagaikan api, lalu
lempengan-lempengan itu dipanaskan di neraka Jahanam, kemudian lambungnya
diseterika dengan lempengan itu, juga dahi dan punggungnya. Setiap kali
lempengan itu mendingin, akan dipanaskan kembali. Hal itu terjadi dalam sehari
yang lamanya sama dengan lima puluh ribu tahun. Hal ini berlangung terus sampai
selesai keputusan untuk tiap hamba. Lalu ditampakkan jalannya, ke surga atau ke
neraka. Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, bagaimana dengan unta? Rasulullah
saw. bersabda: Begitu pula pemilik unta yang tidak mau memenuhi haknya. Di
antara haknya adalah (zakat) susunya pada waktu keluar. Pada hari kiamat, pasti
unta-unta itu dibiarkan di padang terbuka, sebanyak yang ada, tidak berkurang
seekor anak unta pun dari unta-untanya itu. Dengan tapak kakinya, unta-unta itu
akan menginjak-injak pemiliknya dan dengan mulutnya, mereka menggigit pemilik
itu. Setelah unta yang pertama telah melewatinya, maka unta yang lain kembali
kepadanya. Ini terjadi dalam satu hari yang lamanya sama dengan lima puluh ribu
tahun, sampai selesai keputusan untuk tiap hamba, ke surga atau ke neraka. Ada
yang bertanya: Wahai Rasulullah, bagaimana dengan sapi dan kambing? Rasulullah
saw. bersabda: Demikian juga pemilik sapi dan kambing yang tidak mau memenuhi
hak sapi dan kambing miliknya itu. Pada hari kiamat, tentu sapi dan kambing itu
akan dilepas di suatu padang yang rata, tidak kurang seekor pun. Sapi-sapi dan
kambing-kambing itu tidak ada yang bengkok, pecah atau hilang tanduknya.
Semuanya menanduk orang itu dengan tanduk-tanduknya dan menginjak-injak dengan
tapak-kaki tapak-kakinya. Setiap lewat yang pertama, maka kembalilah yang lain.
Demikian terus-menerus dalam satu hari yang sama dengan lima puluh ribu tahun,
sampai selesai keputusan untuk tiap hamba, ke surga atau ke neraka. Ditanyakan:
Wahai Rasulullah, bagaimana dengan kuda? Beliau bersabda: Kuda itu ada tiga
macam; menjadi dosa bagi seseorang, menjadi tameng bagi seseorang dan menjadi
ganjaran bagi seseorang. Adapun kuda yang menjadi dosa bagi seseorang adalah
kuda yang diikat dengan maksud pamer, bermegah-megahan dan memusuhi penduduk
Islam, maka kuda itu bagi pemiliknya merupakan dosa. Adapun yang menjadi tameng
bagi seseorang adalah kuda yang diikat pemiliknya untuk berjuang di jalan Allah,
kemudian pemilik itu tidak melupakan hak Allah yang terdapat pada punggung dan
leher kuda, maka kuda itu menjadi tameng bagi pemiliknya (penghalang dari api
neraka). Adapun kuda yang menjadi ganjaran bagi pemiliknya adalah kuda yang
diikat untuk berjuang di jalan Allah, untuk penduduk Islam pada tanah yang subur
dan taman. Maka sesuatu yang dimakan oleh kuda itu pada tanah subur atau taman
tersebut, pasti dicatat untuk pemiliknya sebagai kebaikan sejumlah yang telah
dimakan oleh kuda dan dicatat pula untuk pemiliknya kebaikan sejumlah kotoran
dan air kencingnya. Bila tali pengikat terputus, lalu kuda itu membedal, lari
sekali atau dua kali, maka Allah akan mencatat untuk pemiliknya kebaikan
sejumlah langkah-langkah dan kotoran-kotorannya. Dan jika pemilik kuda itu
melewatkan kudanya pada sungai, kemudian kuda itu minum dari air sungai
tersebut, padahal ia tidak hendak memberi minum kudanya itu, maka Allah pasti
mencatat untuknya kebaikan sejumlah apa yang telah diminum kudanya. Ditanyakan:
Wahai Rasulullah, bagaimana dengan keledai? Rasulullah saw. bersabda: Tidak ada
wahyu yang diturunkan kepadaku tentang keledai kecuali satu ayat yang unik dan
menyeluruh ini: Barang siapa mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya ia
akan melihat balasannya. Dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat
dzarrahpun, niscaya ia akan melihat balasannya. (Shahih Muslim
No.1647)
6. Hukuman keras
bagi orang yang tidak mau membayar zakat
-
Hadis riwayat Abu
Zar ra., ia berkata:
Aku menghampiri Nabi saw. yang sedang duduk di bawah
bayang-bayang Kakbah. Ketika beliau melihatku beliau bersabda: Mereka
benar-benar merugi, demi Tuhan Kakbah! Kemudian aku duduk, tetapi tidak tenang,
maka aku segera bertanya: Wahai Rasulullah, demi ayah dan ibuku sebagai
tebusanmu, siapakah mereka? Rasulullah saw. menjawab: Mereka adalah orang-orang
yang paling banyak harta, kecuali yang berkata begini, begini dan begini (beliau
memberi isyarat ke depan, ke belakang, ke kanan dan ke kiri). Mereka yang mau
berbuat demikian sangat sedikit. Setiap pemilik unta atau sapi atau kambing yang
tidak mau membayar zakatnya, pasti nanti pada hari kiamat, hewan-hewan itu akan
datang dalam keadaan lebih besar dan lebih gemuk dari sebelumnya, menanduki
pemiliknya dengan tanduk-tanduknya dan menginjak-injak dengan telapak
kaki-telapak kakinya. Setiap kali yang lain telah selesai, datang lagi yang
pertama sampai diputuskan di hadapan seluruh manusia. (Shahih Muslim
No.1652)
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Bahwa Nabi saw. bersabda: Tidak akan membuat aku senang jika
aku mempunyai emas sebesar gunung Uhud, bahkan ditambah lagi (gunung) kedua dan
ketiga, kecuali satu dinar milikku yang aku sisakan untuk membayar utang
tanggunganku. (Shahih Muslim No.1653)
7. Tentang orang
yang menimbun harta dan kecaman keras terhadap mereka
-
Hadis riwayat Abu
Zar ra.:
Dari Ahnaf bin Qais, ia berkata: Aku datang ke Madinah. Ketika
sampai di suatu halaqah (majlis taklim), di dalamnya terdapat beberapa pemuka
Quraisy, tiba-tiba datang seorang lelaki yang kasar pakaiannya, kasar badannya
dan buruk wajahnya, ia berhenti pada mereka dan berkata: Kabarkan kepada
orang-orang yang menimbun harta (dan tidak mau mengeluarkan zakat) dengan batu
bara yang akan dipanaskan di dalam neraka Jahanam, lalu diletakkan pada puting
buah dada salah seorang di antara mereka kemudian menembus sampai tulang rawan
di ujung kedua bahunya dan diletakkan pada tulang rawan di ujung kedua bahunya
hingga tembus sampai puting buah dadanya sambil bergetar-getar. Ia (Ahnaf)
berkata: Maka mereka semua tertunduk malu (karena ucapan tersebut). Aku tidak
melihat seorang pun di antara mereka yang memandangnya kembali. Lalu orang itu
pergi. Aku mengikutinya sampai ia berhenti pada sebuah rombongan. Aku berkata:
Aku tidak melihat pada mereka, kecuali ketidaksukaan terhadap apa yang engkau
katakan kepada mereka. Orang itu berkata: Orang-orang itu tidak tahu apa-apa.
Dahulu orang yang kucintai, Abul Qasim (Rasulullah) saw. memanggilku, lalu aku
memenuhi panggilannya. Beliau bertanya: Apakah engkau melihat gunung Uhud? Aku
(orang itu) memandang matahari yang menyengatku, aku menyangka bahwa beliau
(Rasulullah saw.) akan mengutusku untuk suatu keperluan. Aku menjawab: Aku
melihatnya. Rasulullah saw. bersabda: Tidak membuat aku senang seandainya aku
mempunyai emas sebesar (gunung Uhud) itu yang aku belanjakan seluruhnya, kecuali
tiga dinar. Kemudian orang-orang itu mengumpulkan dunia, mereka tidak memikirkan
apa-apa. Katanya (Ahnaf): Aku bertanya: Ada masalah apa antara engkau dengan
saudara-saudaramu dari Quraisy? Kenapa engkau tidak mendatangi dan meminta
kepada mereka lalu engkau mendapatkan bagian dari mereka? Orang itu berkata:
Tidak, demi Tuhanmu, aku tidak akan meminta dunia kepada mereka dan tidak akan
meminta fatwa agama kepada mereka sampai aku bertemu Allah dan Rasul-Nya.
(Shahih Muslim No.1656)
8. Dorongan
membelanjakan harta dan pemberian kabar gembira kepada orang yang membelanjakan
harta dengan gantinya
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Bahwa Nabi saw. bersabda: Allah Taala berfirman: Hai anak cucu
Adam, berinfaklah kalian, maka Aku akan memberi ganti kepadamu. Rasulullah saw.
bersabda: Anugerah Allah itu penuh dan deras. Ibnu Numair berkata: (Maksud dari)
mal'aan adalah pemberian yang banyak dan mendatangkan keberkahan, tidak mungkin
terkurangi oleh apapun di waktu malam dan siang. (Shahih Muslim
No.1658)
9. Memulai
nafkah pada diri sendiri lalu pada keluarganya kemudian pada kerabat
-
Hadis riwayat Jabir
ra., ia berkata:
Seorang dari Bani Udzrah memerdekakan budaknya dengan
syarat kematiannya (misalnya dengan mengatakan: Engkau merdeka, jika aku
meninggal). Hal itu sampai kepada Rasulullah saw. lalu beliau bertanya: Apakah
engkau mempunyai harta lain? Orang itu menjawab: Tidak. Rasulullah saw.
bersabda: Siapakah yang mau membelinya dariku? Nu'aim bin Abdullah Al-Adawi
membelinya dengan harga delapan ratus dirham. Lalu Rasulullah saw. membawa harga
jual budak itu dan membayarkannya kepada orang tersebut (pemiliknya). Kemudian
bersabda: Mulailah untuk dirimu, bersedekahlah untuk dirimu. Jika masih tersisa,
maka berinfaklah kepada keluargamu dan jika masih tersisa, maka berinfaklah
kepada kerabatmu. Bila dari kerabatmu masih tersisa, maka begini dan begini. Ia
(Jabir) menjelaskan: Tetangga depanmu, tetangga kananmu dan tetangga kirimu.
(Shahih Muslim No.1663)
10. Keutamaan
nafkah dan sedekah kepada kaum kerabat, istri, anak-anak dan kedua orang tua
meskipun mereka adalah orang-orang musyrik
-
Hadis riwayat Anas
bin Malik ra., ia berkata:
Abu Thalhah adalah seorang sahabat Ansar yang
paling banyak harta di Madinah. Dan harta yang paling ia sukai adalah kebun
Bairaha. Kebun itu menghadap ke mesjid Nabawi. Rasulullah saw. biasa masuk ke
kebun itu untuk minum airnya yang tawar. Anas berkata: Ketika turun ayat ini:
Sekali-kali kalian tidak sampai kepada kebaikan (yang sempurna) sebelum kalian
menafkahkan sebagian harta yang kalian cintai. Abu Thalhah datang kepada
Rasulullah saw. dan berkata: Allah telah berfirman dalam kitab-Nya: Sekali-kali
kalian tidak sampai kepada kebaikan (yang sempurna) sebelum kalian menafkahkan
sebagian harta yang kalian cintai, sedangkan harta yang paling aku cintai adalah
kebun Bairaha, maka kebun itu aku sedekahkan karena Allah. Aku mengharapkan
kebaikan dan simpanannya (pahalanya di akhirat) di sisi Allah. Oleh sebab itu,
pergunakanlah kebun itu, wahai Rasulullah, sekehendakmu. Rasulullah saw.
bersabda: Bagus! Itu adalah harta yang menguntungkan, itu adalah harta yang
menguntungkan. Aku telah mendengar apa yang engkau katakan mengenai kebun itu.
Dan aku berpendapat, hendaknya kebun itu engkau berikan kepada kaum kerabatmu.
Lalu Abu Thalhah membagi-bagi kebun itu dan memberikannya kepada kaum kerabat
dan anak-anak pamannya. (Shahih Muslim No.1664)
-
Hadis riwayat
Maimunah binti Harits ra.:
Bahwa ia memerdekakan seorang budak pada zaman
Rasulullah saw. Ketika hal itu ia tuturkan kepada Rasulullah saw, beliau
bersabda: Seandainya budak itu engkau berikan kepada bibi-bibimu, tentu lebih
besar lagi pahalamu. (Shahih Muslim No.1666)
-
Hadis riwayat
Zainab ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Bersedekahlah kalian,
wahai kaum wanita, meskipun dari perhiasan kalian! Kemudian aku (Zainab) kembali
kepada Abdullah, dan berkata: Engkau adalah seorang lelaki yang tidak banyak
harta, sedangkan Rasulullah saw. telah memerintahkan kita untuk bersedekah, maka
datanglah kepada beliau untuk menanyakan apakah cukup sedekahku aku berikan
kepadamu. Jika tidak, aku akan berikan kepada selain engkau. Abdullah berkata:
Engkau sajalah yang datang menemui beliau. Lalu berangkat, ternyata di depan
pintu rumah Rasulullah saw. sudah ada seorang wanita Ansar yang sama
keperluannya dengan keperluanku. Pada saat itu Rasulullah saw. sedang merasa
segan, lalu Bilal keluar menemui kami. Kami berkata kepadanya: Temuilah
Rasulullah saw. beritahukan kepada beliau bahwa ada dua orang wanita di depan
pintu yang ingin bertanya: Apakah cukup sedekah keduanya diberikan kepada suami
mereka dan kepada anak-anak yatim yang berada dalam tanggungan mereka? Tapi
jangan katakan siapa kami. Lalu Bilal masuk menemui Rasulullah saw. dan bertanya
kepada beliau. Rasulullah saw. bertanya: Siapakah mereka berdua? Bilal menjawab:
Seorang wanita Ansar dan Zainab. Rasulullah saw. bertanya: Zainab yang mana?
Bilal menjawab: Istri Abdullah. Rasulullah saw. bersabda kepada Bilal: Mereka
berdua mendapatkan dua pahala, pahala kerabat dan pahala sedekah. (Shahih Muslim
No.1667)
-
Hadis riwayat Ummu
Salamah ra., ia berkata:
Aku pernah bertanya kepada Rasulullah saw.: Wahai
Rasulullah, Apakah aku mendapatkan pahala bila aku memberi nafkah kepada
anak-anak Abu Salamah, aku tidak dapat membiarkan mereka ke sana ke mari
(mencari rezeki), bagaimanapun mereka juga anak-anakku. Rasulullah saw.
bersabda: Ya, engkau mendapatkan pahala apa yang engkau nafkahkan kepada mereka.
(Shahih Muslim No.1668)
-
Hadis riwayat Abu
Masud Al-Badri ra.:
Dari Nabi saw., beliau bersabda: Sesungguhnya seorang
muslim, jika memberikan nafkah kepada keluarganya dan ia mengharap pahala
darinya, maka nafkahnya itu menjadi sedekah baginya. (Shahih Muslim No.1669)
-
Hadis riwayat Asma
ra., ia berkata:
Aku bertanya kepada Rasulullah saw.: Wahai Rasulullah,
ibuku (seorang musyrik) datang kepadaku mengharap bakti dariku. Apakah aku harus
berbakti kepadanya? Rasulullah saw. bersabda: Ya. (Shahih Muslim
No.1670)
11. Pahala
sedekah sampai untuk mayit
-
Hadis riwayat
Aisyah ra.:
Bahwa seorang lelaki datang kepada Nabi saw. dan berkata: Wahai
Rasulullah, ibuku meninggal dunia mendadak dan tidak sempat berwasiat. Tetapi
aku menduga seandainya ia dapat berbicara, tentu ia akan bersedekah. Apakah ia
mendapat pahala jika aku bersedekah untuknya? Rasulullah saw. bersabda: Ya.
(Shahih Muslim No.1672)
12. Menerangkan
bahwa sebutan sedekah juga dapat diterapkan pada setiap macam kebaikan
-
Hadis riwayat Abu
Musa ra.:
Dari Nabi saw., beliau bersabda: Setiap muslim wajib bersedekah.
Ditanyakan: Apa pendapatmu jika ia tidak mempunyai sesuatu (untuk bersedekah)?
Rasulullah saw. bersabda: Dia bekerja dengan kedua tangannya, sehingga ia dapat
memberi manfaat dirinya dan bersedekah. Ditanyakan pula: Apa pendapatmu, jika ia
tidak mampu? Rasulullah saw. bersabda: Dia dapat membantu orang dalam keperluan
mendesak. Ditanyakan lagi: Apa pendapatmu, bila tidak mampu? Rasulullah saw.
bersabda: Dia dapat memerintahkan kebaikan. Masih ditanyakan lagi: Apa
pendapatmu jika ia tidak melakukannya? Rasulullah saw. bersabda: Dia dapat
menahan diri dari berbuat kejahatan, karena itu adalah sedekah. (Shahih Muslim
No.1676)
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Setiap ruas tulang
manusia wajib bersedekah setiap hari, di mana matahari terbit. Selanjutnya
beliau bersabda: Berlaku adil antara dua orang adalah sedekah, membantu
seseorang (yang kesulitan menaikkan barang) pada hewan tunggangannya, lalu ia
membantu menaikkannya ke atas punggung hewan tunggangannya atau mengangkatkan
barang-barangnya adalah sedekah. Rasulullah saw. juga bersabda: Perkataan yang
baik adalah sedekah, setiap langkah yang dikerahkan menuju salat adalah sedekah
dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah. (Shahih Muslim
No.1677)
13. Tentang
orang yang berinfak dan orang yang enggan berinfak
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Setiap hari, di mana
para hamba memasuki waktu pagi, pasti ada dua malaikat yang turun. Satu di
antara keduanya berdoa: "Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang berinfak",
dan yang satu lagi berdoa: "Ya Allah, berikanlah kemusnahan (kerugian) kepada
orang yang enggan berinfak". (Shahih Muslim No.1678)
14. Ajakan
bersedekah sebelum datang masa di mana ia tidak menemukan orang yang menerimanya
(akhir zaman)
-
Hadis riwayat
Haritsah bin Wahab ra., ia berkata:
Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda:
Bersedekahlah kalian, karena hampir saja seseorang berjalan membawa sedekahnya,
lalu orang yang hendak diberi sedekah berkata: Seandainya engkau memberikan
kepadaku kemarin, tentu aku menerimanya. Sekarang aku tidak lagi memerlukannya.
Orang itu tidak menemukan orang yang mau menerima sedekahnya. (Shahih Muslim
No.1679)
-
Hadis riwayat Abu
Musa ra.:
Dari Nabi saw., beliau bersabda: Pasti akan datang kepada manusia
suatu zaman, di mana seseorang berkeliling membawa sedekah emas, lalu ia tidak
menemukan seorang pun yang mau mengambilnya. Dan terlihat seseorang diikuti oleh
empat puluh orang wanita yang berlindung kepadanya karena sedikitnya kaum lelaki
dan banyaknya kaum wanita. (Shahih Muslim No.1680)
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Tidak akan terjadi hari kiamat
sebelum harta menjadi banyak dan melimpah, sampai-sampai seseorang yang hendak
mengeluarkan zakat hartanya tidak mendapati orang yang mau menerimanya dan
sampai tanah Arab kembali menjadi padang gembala dan sungai-sungai. (Shahih
Muslim No.1681)
15. Penerimaan
sedekah adalah dari hasil usaha yang baik dan pengembangan yang baik
pula
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Tidaklah seorang yang
bersedekah dengan harta yang baik, Allah tidak menerima kecuali yang baik,
kecuali (Allah) Yang Maha Pengasih akan menerima sedekah itu dengan tangan
kanan-Nya. Jika sedekah itu berupa sebuah kurma, maka di tangan Allah yang Maha
Pengasih, sedekah itu akan bertambah sampai menjadi lebih besar dari gunung,
sebagaimana seseorang di antara kalian membesarkan anak kudanya atau anak
untanya. (Shahih Muslim No.1684)
16. Sunat
bersedekah walau hanya separoh kurma atau perkataan yang baik dan sedekah
merupakan tabir dari api neraka
-
Hadis riwayat Adi
bin Hatim ra., ia berkata:
Aku mendengar Nabi saw. bersabda: Barang siapa di
antara kalian mampu berlindung dari neraka walau hanya dengan separoh kurma,
maka hendaklah ia melakukannya (bersedekah). (Shahih Muslim
No.1687)
17. Kuli angkut
mendapat pahala dari upah yang disedekahkan dan larangan keras menolak
merendahkan orang yang bersedekah sedikit
-
Hadis riwayat Abu
Masud ra., ia berkata:
Ketika kami diperintahkan untuk bersedekah, kami
menjadi kuli angkut (dan kami bersedekah dari upah pekerjaan itu). Abu Aqil
bersedekah dengan setengah sha`. Seseorang membawa sedekah sedikit lebih banyak
darinya. Orang-orang munafik berkata: Sesungguhnya Allah tidak butuh sedekah
orang ini, orang ini melakukan hal itu hanya untuk pamer. Lalu turunlah ayat:
yaitu orang-orang yang mencela orang-orang mukmin yang memberi sedekah dengan
sukarela dan mencela orang-orang yang tidak mendapatkan "sesuatu untuk
disedekahkan" selain sekedar jerih payahnya. (Shahih Muslim
No.1692)
18. Keutamaan
meminjamkan unta perah
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Bahwa Nabi saw. bersabda: Ingatlah, bahwa seseorang yang
memberikan unta perah kepada anggota keluarganya, yang dapat menghasilkan
sepanci besar susu setiap keluar di pagi dan sore, maka pahalanya sungguh sangat
besar. (Shahih Muslim No.1693)
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Dari Nabi saw. bahwa beliau melarang beberapa hal lalu
menyebutkan beberapa perangai dan bersabda: Barang siapa memberi pinjaman unta,
maka unta itu memasuki waktu pagi dengan sedekah dan memasuki waktu sore dengan
sedekah, yakni susunya di pagi hari dan di sore hari itu. (Shahih Muslim
No.1694)
19. Perumpamaan
orang yang berinfak dan orang kikir
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Dari Nabi saw., beliau bersabda: Perumpamaan orang yang
berinfak dan orang yang bersedekah adalah seperti seorang lelaki yang mengenakan
dua jubah atau dua baju besi mulai dadanya sampai ke atas. Apabila orang yang
berinfak hendak berinfak, (dalam riwayat lain) Apabila orang yang bersedekah
hendak bersedekah, maka baju itu menjadi longgar padanya. Dan kalau orang bakhil
hendak berinfak, maka baju itu menjadi sesak dan terasa kecil, sehingga dapat
menutupi jari-jarinya dan menghapus jejaknya. Lalu ia berkata: Kata Abu Hurairah
ra.: Kemudian beliau bersabda: Orang yang bakhil ingin melonggarkan pakaiannya,
tetapi tidak longgar. (Shahih Muslim No.1695)
20. Pahala orang
yang bersedekah tetap, meskipun sedekahnya jatuh ke tangan orang yang tak
berhak
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Dari Nabi saw., beliau bersabda: Seorang lelaki berkata:
Sungguh aku akan mengeluarkan sedekah pada malam ini. Lalu ia keluar membawa
sedekahnya dan jatuh ke tangan seorang wanita pezina. Pada pagi harinya, orang
banyak membicarakan: Tadi malam, seorang wanita pezina mendapatkan sedekah.
Lelaki itu mengucap: Ya Allah, hanya bagi-Mu segala puji, (sedekahku jatuh pada
wanita pezina). Aku akan bersedekah lagi. Dia keluar membawa sedekahnya dan
jatuh ke tangan orang kaya. Pada pagi harinya, orang banyak membicarakan:
Sedekah diberikan kepada orang kaya. Orang itu mengucap: Ya Allah, hanya bagi-Mu
segala puji, (sedekahku jatuh pada orang kaya). Aku akan bersedekah lagi.
Kemudian ia keluar membawa sedekah dan jatuh ke tangan pencuri. Pada pagi
harinya, orang banyak membicarakan: Sedekah diberikan kepada pencuri. Orang itu
mengucap: Ya Allah, hanya bagi-Mu segala puji, sedekahku ternyata jatuh pada
wanita pezina, pada orang kaya dan pada pencuri. Lalu ia didatangi (malaikat)
dan dikatakan kepadanya: Sedekahmu benar-benar telah diterima. Boleh jadi wanita
pezina itu akan menghentikan perbuatan zinanya, karena sedekahmu, orang kaya
dapat mengambil pelajaran dan mau memberikan sebagian apa yang telah diberikan
Allah kepadanya. Dan mungkin saja si pencuri menghentikan perbuatan mencurinya,
karena sedekahmu. (Shahih Muslim No.1698)
21. Pahala
bendahara yang tepercaya dan wanita yang bersedekah dari rumah suaminya sesuatu
yang belum rusak, baik dengan izin yang jelas maupun secara adat
-
Hadis riwayat Abu
Musa ra.:
Dari Nabi saw., beliau bersabda: Sesungguhnya bendahara muslim
lagi tepercaya adalah yang melaksanakan (kemungkinan juga beliau bersabda:
memberikan) apa yang diperintahkan. Kemudian ia memberikannya sempurna dan
banyak dengan jiwa yang baik, lalu ia menyerahkannya kepada orang yang
diperintahkan salah seorang yang bersedekah untuk diberikan sedekah. (Shahih
Muslim No.1699)
-
Hadis riwayat
Aisyah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Apabila seorang wanita
berinfak dari makanan rumahnya yang tidak rusak, maka ia mendapat pahala dari
apa yang telah ia infakkan dan suaminya mendapatkan pahala dengan apa yang telah
diusahakan. Demikian pula, bendahara (mendapat pahala) seperti pahala orang yang
bersedekah, sebagian mereka tidak mengurangi sedikit pun pahala sebagian yang
lain. (Shahih Muslim No.1700)
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Wanita yang suaminya
ada, tidak boleh berpuasa kecuali dengan izinnya dan tidak boleh mengizinkan
orang lain masuk rumah suaminya, saat suaminya ada kecuali dengan izinnya. Dan
apapun yang ia infakkan dari hasil kerja suaminya tanpa perintah suaminya, maka
separoh pahalanya adalah milik suaminya. (Shahih Muslim No.1704)
22. Orang yang
mengumpulkan sedekah dan amal-amal kebaikan
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Barang siapa berinfak dengan
sepasang (kuda, unta dan sebagainya) di jalan Allah, maka di surga ia dipanggil:
Wahai hamba Allah, pintu ini adalah lebih baik. Barang siapa termasuk ahli
salat, maka ia dipanggil dari pintu salat. Barang siapa termasuk ahli jihad,
maka ia dipanggil dari pintu jihad. Barang siapa termasuk ahli sedekah, maka ia
dipanggil dari pintu sedekah. Dan barang siapa termasuk ahli puasa, maka ia
dipanggil dari pintu Rayyan. Abu Bakar Sidik bertanya: Wahai Rasulullah, apakah
setiap orang pasti dipanggil dari pintu-pintu tersebut. Apakah mungkin seseorang
dipanggil dari semua pintu? Rasulullah saw. bersabda: Ya, dan aku berharap
engkau termasuk di antara mereka (yang dipanggil dari semua pintu). (Shahih
Muslim No.1705)
23. Anjuran
berinfak dan makruh menghitung-hitungnya
-
Hadis riwayat Asma
binti Abu Bakar ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda kepadaku:
Berinfaklah atau memberilah dan jangan menghitung-hitung, karena Allah akan
memperhitungkannya untukmu. (Shahih Muslim No.1708)
24. Anjuran
bersedekah walau sedikit dan jangan enggan bersedekah karena meremehkan yang
sedikit
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda: Wahai para wanita
muslimah, jangan sekali-kali seseorang meremehkan pemberian tetangganya,
meskipun hanya berupa teracak (kuku) kambing. (Shahih Muslim
No.1711)
25. Keutamaan
merahasiakan sedekah
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Dari Nabi saw., beliau bersabda: Ada tujuh golongan yang bakal
dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan
kecuali naungan-Nya, yaitu: Pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dengan ibadah
kepada Allah (selalu beribadah), seseorang yang hatinya bergantung kepada mesjid
(selalu melakukan salat jamaah di dalamnya), dua orang yang saling mengasihi di
jalan Allah, keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah, seorang yang diajak
perempuan berkedudukan dan cantik (untuk berzina), tapi ia mengatakan: Aku takut
kepada Allah, seseorang yang memberikan sedekah kemudian merahasiakannya sampai
tangan kanannya tidak tahu apa yang dikeluarkan tangan kirinya dan seseorang
yang berzikir (mengingat) Allah dalam kesendirian, lalu meneteskan air mata dari
kedua matanya. (Shahih Muslim No.1712)
26. Menerangkan
bahwa sedekah yang paling utama ialah sedekah orang yang sehat yang
kikir
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra., ia berkata:
Seorang lelaki datang kepada Rasulullah saw. lalu
berkata: Wahai Rasulullah, sedekah manakah yang paling agung? Rasulullah saw.
bersabda: Engkau bersedekah ketika engkau engkau sehat lagi kikir dan sangat
memerlukan, engkau takut miskin dan sangat ingin menjadi kaya. Jangan engkau
tunda-tunda sampai nyawa sudah sampai di kerongkongan, baru engkau berpesan:
Berikan kepada si fulan sekian dan untuk si fulan sekian. Ingatlah, memang
pemberian itu hak si fulan. (Shahih Muslim No.1713)
27. Menerangkan
bahwa tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah dan tangan yang
di atas adalah yang memberi dan tangan yang di bawah adalah yang
menerima
-
Hadis riwayat
Abdullah bin Umar ra.:
Bahwa Rasulullah saw. ketika berada di atas mimbar,
beliau menuturkan tentang sedekah dan menjaga diri dari meminta. Beliau
bersabda: Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan yang
di atas adalah yang memberi dan yang di bawah adalah yang meminta. (Shahih
Muslim No.1715)
-
Hadis riwayat Hakim
bin Hizam ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Sedekah yang paling utama
atau sedekah yang paling baik adalah sedekah dari harta yang cukup. Tangan yang
di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Mulailah dari orang yang engkau
tanggung (nafkahnya). (Shahih Muslim No.1716)
28. Larangan
meminta
-
Hadis riwayat
Muawiyah ra., ia berkata:
Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda:
Sesungguhnya aku ini hanyalah bendaharawan, maka barang siapa aku berikan dan
kebaikan hatiku, maka ia mendapat keberkahan dan barang siapa yang aku berikan
karena ia meminta, maka ia seperti orang yang makan dan tidak akan kenyang.
(Shahih Muslim No.1719)
29. Orang miskin
adalah orang yang tidak berkecukupan dan tidak diketahui, lalu ia diberi
sedekah
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Orang miskin itu bukanlah
orang yang berkeliling meminta-minta kepada manusia, lalu ia diberikan sesuap,
dua suap, sebuah dan dua buah kurma. Para sahabat bertanya: Kalau begitu,
siapakah orang miskin itu, wahai Rasulullah? Rasulullah saw. bersabda: Orang
yang tidak menemukan harta yang mencukupinya tapi orang-orang tidak tahu (karena
kesabarannya, ia menyembunyikan keadaannya dan tidak meminta-minta kepada orang
lain), lalu diberi sedekah tanpa meminta sesuatu pun kepada manusia. (Shahih
Muslim No.1722)
30. Tidak
disukai meminta kepada orang lain
-
Hadis riwayat
Abdullah bin Umar ra.:
Bahwa Nabi saw. bersabda: Masih saja seorang engkau
meminta-minta hingga ia bertemu Allah dengan wajah tidak berdaging (karena
hinanya). (Shahih Muslim No.1724)
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra., ia berkata:
Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda: Sungguh,
jika salah seorang di antara kalian berangkat pagi untuk mencari kayu yang ia
panggul di atas punggungnya, lalu ia menyedekahkannya dan tidak memerlukan
pemberian manusia, maka itu adalah lebih baik daripada ia meminta kepada
seseorang, baik orang lain itu memberinya ataupun tidak. Karena, tangan yang di
atas (yang memberi) lebih utama dari tangan yang di bawah (yang menerima). Dan
mulailah dengan orang yang engkau tanggung. (Shahih Muslim
No.1727)
31. Orang yang
diberi tanpa meminta boleh mengambil secukupnya, tanpa berlebihan
-
Hadis riwayat Umar bin Khathab ra., ia berkata:
Rasulullah
saw. pernah memberiku suatu pemberian, lalu aku berkata: Berikanlah saja kepada
orang yang lebih memerlukannya dariku. Pada lain kali beliau memberiku uang, aku
berkata: Berikanlah kepada orang yang lebih memerlukannya dariku. Lalu
Rasulullah saw. bersabda: Ambillah! Apapun harta yang datang kepadamu, sedangkan
engkau tidak tamak dan tidak meminta, maka ambillah dan apa yang datang
kepadamu, maka janganlah engkau jiwamu mengikutinya. (Shahih Muslim No.1731)
32. Tidak
disukai loba kepada harta dunia
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Bahwa Nabi saw. bersabda: Hati orang tua menjadi muda karena
mencintai dua hal; suka dengan kehidupan dan harta. (Shahih Muslim No.1734)
-
Hadis riwayat Anas
bin Malik ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersada: Anak cucu Adam menjadi
semakin tua, kecuali pada dua hal yang membuatnya menjadi muda, yaitu loba
terhadap harta dan loba terhadap umur. (Shahih Muslim No.1736)
33. Seandainya
anak cucu Adam mempunyai dua lembah harta, tentu ia masih menginginkan yang
ketiga
-
Hadis riwayat Anas
bin Malik ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Seandainya anak cucu
Adam mempunyai dua lembah harta, tentu ia masih menginginkan yang ketiga.
Padahal yang memenuhi perut anak cucu Adam hanyalah tanah. Dan Allah menerima
tobat orang yang mau bertobat. (Shahih Muslim No.1737)
-
Hadis riwayat Ibnu
Abbas ra., ia berkata:
Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda: Seandainya
anak cucu Adam mempunyai harta sepenuh lembah, tentu ia masih ingin memiliki
yang ketiga. Padahal yang mengisi perut anak cucu Adam itu hanyalah tanah. Dan
Allah selalu menerima tobat orang-orang yang mau bertobat. (Shahih Muslim
No.1739)
34. Kaya itu
bukanlah karena banyak harta
35. Kekhawatiran
terhadap keindahan dunia
-
Hadis riwayat Abu
Said Al-Khudri ra., ia berkata:
Rasulullah saw. berdiri berkhutbah kepada
kaum muslimin. Beliau bersabda: Tidak, demi Allah, aku tidak khawatir atas
kalian, wahai manusia, kecuali terhadap keindahan dunia yang dikeluarkan Allah
untuk kalian. Seseorang bertanya: Wahai Rasulullah, apakah kebaikan dapat
mendatangkan keburukan? Rasulullah, saw. diam sejenak, kemudian beliau bersabda:
Apa yang engkau tanyakan? Aku mengulangi pertanyaan: Wahai Rasulullah, apakah
kebaikan itu dapat mendatangkan keburukan? Rasulullah saw. menjawab: Kebaikan
(yang hakiki) itu hanya akan mendatangkan kebaikan. Apakah dapat dikatakan
kebaikan, yang engkau dapat dari keindahan dunia itu? Setiap yang tumbuh pada
musim semi itu dapat membunuh karena kekenyangan atau nyaris membunuh, kecuali
ternak yang makan. Ternak itu makan, sampai ketika kedua lambungnya telah penuh,
ia menghadap ke arah matahari untuk membuang kotoran encer atau kencing,
kemudian memamah dan kembali makan. Barang siapa mengambil harta sesuai dengan
haknya, maka ia diberkati dalam harta itu. Dan barang siapa mengambil harta
tidak menurut haknya, maka ia seperti orang yang makan tapi tidak pernah
kenyang. (Shahih Muslim No.1742)
36. Keutamaan
sifat iffah dan sabar
-
Hadis riwayat Abu
Said Al-Khudri ra.:
Bahwa sebagian orang Ansar meminta kepada Rasulullah
saw., maka beliau memberi mereka. Kemudian mereka meminta lagi, beliau pun
memberi mereka, sampai ketika telah habis sesuatu yang ada pada beliau, beliau
bersabda: Apapun kebaikan yang ada padaku, maka aku tidak akan menyembunyikannya
dari kalian. Barang siapa menjaga kehormatan diri, maka Allah akan menjaga
kehormatan dirinya. Barang siapa yang merasa cukup, maka Allah akan
mencukupinya. Barang siapa yang bersabar, maka Allah akan membuatnya sabar.
Seseorang tidak diberi suatu pemberian yang lebih baik dan lebih luas daripada
kesabaran. (Shahih Muslim No.1745)
37. Tentang
merasa cukup dan menerima apa adanya
38. Memberi
orang yang meminta dengan kata-kata kotor dan kasar
-
Hadis riwayat Anas
bin Malik ra., ia berkata:
Aku pernah berjalan bersama Rasulullah saw.
Beliau mengenakan selendang dari Najran yang kasar pinggirnya. Tiba-tiba seorang
badui berpapasan dengan beliau, lalu menarik selendang beliau dengan kuat.
Ketika aku memandang ke sisi leher Rasulullah saw. ternyata pinggiran selendang
telah membekas di sana, karena kuatnya tarikan. Orang itu kemudian berkata: Hai
Muhammad, berikan aku sebagian dari harta Allah yang ada padamu. Rasulullah saw.
berpaling kepadanya, lalu tertawa dan memberikan suatu pemberian kepadanya.
(Shahih Muslim No.1749)
-
Hadis riwayat
Miswar bin Makhramah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. membagi-bagikan
pakaian luar, tetapi tidak memberikan sesuatu pun kepada Makhramah. Lalu
Makhramah berkata kepadaku (Miswar): Wahai anakku, marilah berangkat bersamaku
menemui Rasulullah saw. Aku berangkat bersamanya. Ia berkata: Masuklah dan
panggilkan beliau untukku. Aku memanggilkannya, lalu beliau keluar dengan
membawa selembar pakaian luar dan bersabda: Aku menyimpan ini untukmu. Aku
memandang beliau, lalu beliau bersabda: Mudah-mudahan Makhramah senang. (Shahih
Muslim No.1750)
39. Memberi
orang yang baru memeluk Islam dan menyabarkan orang yang kuat imannya
-
Hadis riwayat Anas
bin Malik ra.:
Bahwa pada waktu perang Hunain, ketika Allah menganugerahkan
fa'i jarahan kepada Rasulullah saw., berupa harta-harta kabilah Hawazin, ketika
Rasulullah saw. mulai membagikan para pemuka Quraisy seratus ekor unta,
orang-orang Ansar berkata: Semoga Allah mengampuni Rasulullah saw., beliau
memberikan para pemuka Quraisy dan meninggalkan kami (tidak memberi kami),
sedangkan pedang-pedang kami masih meneteskan darah mereka. Anas bin Malik
berkata: Rasulullah saw. diceritakan tentang ucapan mereka. Lalu beliau
memanggil orang-orang Ansar. Beliau mengumpulkan mereka dalam sebuah kemah dari
kulit yang disamak. Setelah semua berkumpul, Rasulullah saw. datang dan
bertanya: Pembicaraan apa yang sampai kepadaku dari kalian? Orang Ansar yang
paham menjawab: Orang-orang yang paham di antara kami wahai Rasulullah, tidak
mengatakan apa-apa. Sedangkan orang-orang yang masih muda di antara kami
mengatakan: Semoga Allah mengampuni Rasul-Nya, beliau memberi orang Quraisy dan
meninggalkan kami, sedangkan pedang-pedang kami masih meneteskan darah mereka.
Rasulullah saw. bersabda: Sungguh, aku memberikan (harta rampasan) kepada
orang-orang yang baru saja meninggalkan kekafiran adalah untuk mengokohkan hati
mereka. Tidakkah kalian rela jika mereka pergi mendapatkan harta, sedangkan
kalian kembali ke rumah kalian bersama Rasul (utusan Allah)? Demi Allah, apa
yang kalian bawa pulang itu lebih baik dari apa yang mereka bawa. Mereka
berkata: Ya, wahai Rasulullah, kami rela. Beliau bersabda: Sungguh, kalian akan
mendapati pilihan berat, maka bersabarlah kalian hingga kalian bertemu Allah dan
Rasul-Nya (sampai mati) dan berada di telaga. Mereka berkata: Kami akan bersabar
(tetap bersama baginda). (Shahih Muslim No.1753)
-
Hadis riwayat
Abdullah bin Zaid ra.:
Bahwa Rasulullah saw. membagi-bagikan harta rampasan
perang ketika memenangkan perang Hunain. Beliau memberi orang-orang yang hendak
dibujuk hatinya (orang yang baru masuk Islam). Lalu sampai berita kepadanya
bahwa orang-orang Ansar ingin mendapatkan seperti apa yang diperoleh oleh
mereka. Maka Rasulullah saw. berdiri menyampaikan pidato kepada mereka. Setelah
memuji dan menyanjung Allah, beliau bersabda: Hai orang-orang Ansar, bukankah
aku temukan kalian dalam keadaan sesat, lalu Allah menunjuki kalian dengan sebab
kau? Bukankah aku temukan kalian dalam keadaan miskin, lalu Allah membuat kalian
kaya dengan sebab aku? Bukankah aku temukan kalian dalam keadaan terpecah-belah,
lalu Allah mempersatukan kalian dengan sebab aku? orang-orang Ansar menjawab:
Allah dan Rasul-Nya lebih berhak mengungkit-ungkit. Kemudian beliau bersabda:
Mengapa kalian tidak menjawabku? Mereka berkata: Allah dan Rasul-Nya lebih
berhak mengungkit-ungkit. Beliau bersabda: Kalian boleh saja berkata begini dan
begini pada masalah begini dan begini. (Beliau menyebutkan beberapa hal. Amru,
perawi hadis mengira ia tidak dapat menghafalnya). Selanjutnya beliau bersabda:
Tidakkah kalian rela jika orang lain pergi dengan membawa kambing-kambing dan
unta dan kalian pergi bersama Rasulullah ke tempat kalian? Orang-orang Ansar itu
bagaikan pakaian dalam dan orang lain seperti pakaian luar (maksudnya orang
Ansarlah yang paling dekat di hati Nabi saw.) Seandainya tidak ada hijrah, tentu
aku adalah salah seorang di antara golongan Ansar. Seandainya orang-orang
melalui lembah dan lereng, tentu aku melalui lembah dan celah orang-orang Ansar.
Kalian pasti akan menemukan keadaan yang tidak disukai sepeninggalku. Karena
itu, bersabarlah kalian hingga kalian bertemu denganku di atas telaga (pada hari
kiamat). (Shahih Muslim No.1758)
-
Hadis riwayat
Abdullah bin Masud ra., ia berkata:
Ketika hari perang Hunain, Rasulullah
saw. mengutamakan beberapa orang dalam pembagian. Beliau memberi Aqra` bin Habis
seratus ekor unta, memberikan kepada Uyainah dan beberapa para memuka Arab.
Ketika itu beliau saw. mengutamakan mereka dalam pembagian. Lalu seseorang
berkata: Demi Allah, sungguh ini adalah pembagian yang sama sekali tidak adil
dan tidak dikehendaki Allah. Aku (Abdullah) berkata: Demi Allah, aku pasti akan
menyampaikannya kepada Rasulullah saw. Aku datang kepada Rasulullah saw. dan
memberitahu beliau tentang ucapan orang tersebut. Mendengar itu, wajah beliau
berubah kemerah-merahan, kemudian bersabda: Siapa lagi yang dapat berbuat adil,
jika Allah dan Rasul-Nya tidak berbuat adil? Kemudian beliau melanjutkan: Semoga
Allah memberikan rahmat kepada Nabi Musa. Dia telah disakiti hatinya (oleh
kaumnya) lebih banyak dari ini, tetapi ia tetap sabar. Aku berkata: Sesudah ini
aku tidak melaporkan pembicaraan apapun kepada beliau. (Shahih Muslim
No.1759)
40. Menyebutkan
golongan Khawarij dan sifat mereka
-
Hadis riwayat Jabir
bin Abdullah ra., ia berkata:
Seseorang datang kepada Rasulullah saw. di
Ji`ranah sepulang dari perang Hunain. Pada pakaian Bilal terdapat perak. Dan
Rasulullah saw. mengambilnya untuk diberikan kepada manusia. Orang yang datang
itu berkata: Hai Muhammad, berlaku adillah! Beliau bersabda: Celaka engkau!
Siapa lagi yang bertindak adil, bila aku tidak adil? Engkau pasti akan rugi,
jika aku tidak adil. Umar bin Khathab ra. berkata: Biarkan aku membunuh orang
munafik ini, wahai Rasulullah. Beliau bersabda: Aku berlindung kepada Allah dari
pembicaraan orang bahwa aku membunuh sahabatku sendiri. Sesungguhnya orang ini
dan teman-temannya memang membaca Alquran, tetapi tidak melampaui tenggorokan
mereka. Mereka keluar dari Islam secepat anak panah melesat dari busurnya.
(Shahih Muslim No.1761)
-
Hadis riwayat Abu
Said Al-Khudri ra., ia berkata:
Ali ra. yang sedang berada di Yaman,
mengirimkan emas yang masih dalam bijinya kepada Rasulullah saw., kemudian
Rasulullah saw. membagikannya kepada beberapa orang, Aqra` bin Habis
Al-Hanzhali, Uyainah bin Badr Al-Fazari, Alqamah bin Ulatsah Al-Amiri, seorang
dari Bani Kilab, Zaidul Khair At-Thaiy, seorang dari Bani Nabhan. Orang-orang
Quraisy marah dan berkata: Apakah baginda memberi para pemimpin Najed, dan tidak
memberikan kepada kami? Rasulullah saw. bersabda: Aku melakukan itu adalah untuk
mengikat hati mereka. Kemudian datang seorang lelaki yang berjenggot lebat,
kedua tulang pipinya menonjol, kedua matanya cekung, jidatnya jenong dan
kepalanya botak. Ia berkata: Takutlah kepada Allah, ya Muhammad! Rasulullah saw.
bersabda: Siapa lagi yang taat kepada Allah jika aku mendurhakai-Nya? Apakah Dia
mempercayai aku atas penduduk bumi, sedangkan kamu tidak mempercayai aku? Lalu
laki-laki itu pergi. Seseorang di antara para sahabat minta izin untuk membunuh
laki-laki itu (diriwayatkan bahwa orang yang ingin membunuh itu adalah Khalid
bin Walid), tetapi Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya diantara bangsaku ada
orang-orang yang membaca Alquran tapi tidak melampaui tenggorokan mereka. Mereka
membunuh orang Islam dan membiarkan penyembah berhala. Mereka keluar dari Islam
secepat anak panah melesat dari busurnya. Sungguh, jika aku mendapati mereka,
pasti aku akan bunuh mereka seperti terbunuhnya kaum Aad. (Shahih Muslim
No.1762)
41. Anjuran
untuk membunuh orang-orang Khawarij
-
Hadis riwayat Ali
ra., ia berkata:
Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda: Di akhir zaman akan
muncul kaum yang muda usia dan lemah akal. Mereka berbicara dengan pembicaraan
yang seolah-olah berasal dari manusia yang terbaik. Mereka membaca Alquran,
tetapi tidak melampaui tenggorokan mereka. Mereka keluar dari agama, secepat
anak panah meluncur dari busur. Apabila kalian bertemu dengan mereka, maka
bunuhlah mereka, karena membunuh mereka berpahala di sisi Allah pada hari
kiamat. (Shahih Muslim No.1771)
42. Golongan
Khawarij adalah seburuk-buruk manusia
-
Hadis riwayat Sahal
bin Hunaif ra.:
Dari Yusair bin Amru, ia berkata: Saya berkata kepada Sahal:
Apakah engkau pernah mendengar Nabi saw. menyebut-nyebut Khawarij? Sahal
menjawab: Aku mendengarnya, ia menunjuk dengan tangannya ke arah Timur, mereka
adalah kaum yang membaca Alquran dengan lisan mereka, tetapi tidak melampaui
tenggorokan mereka. Mereka keluar dari agama secepat anak panah melesat dari
busurnya. (Shahih Muslim No.1776)
43. Larangan
berzakat kepada Rasulullah saw., keluarganya, Bani Hasyim dan Bani
Muthalib
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra., ia berkata:
Suatu ketika Hasan bin Ali mengambil sebuah kurma
dari kurma sedekah (zakat) dan hendak memasukkannya ke dalam mulutnya, kemudian
Rasulullah saw. bersabda: Hai, hai, buang itu! Tidakkah engkau tahu bahwa kita
tidak boleh makan sedekah (zakat)?. (Shahih Muslim No.1778)
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Dari Rasulullah saw. bahwa beliau bersabda: Aku kembali kepada
keluargaku, lalu aku menemukan sebuah kurma yang jatuh di atas pembaringanku.
Kemudian aku mengambilnya untuk aku makan, tetapi aku khawatir kurma itu kurma
sedekah, maka aku membuangnya. (Shahih Muslim No.1779)
-
Hadis riwayat Anas
bin Malik ra.:
Bahwa Nabi saw. menemukan sebuah kurma, lalu beliau bersabda:
Seandainya kurma itu bukan kurma sedekah, maka aku akan memakannya. (Shahih
Muslim No.1781)
44. Nabi saw.,
Bani Hasyim dan Bani Muthalib diperbolehkan menerima hadiah, meskipun pemberi
hadiah mendapatkannya dari sedekah serta menerangkan bahwa apabila sedekah telah
diterima oleh orang yang diberi sedekah, maka hilanglah sifat sedekah dan
menjadi halal bagi setiap orang yang semula haram menerimanya
-
Hadis riwayat Anas
ra., ia berkata:
Barirah menghadiahkan daging kepada Nabi saw. Daging
tersebut adalah sedekah untuknya (Barirah). Rasulullah saw. bersabda: Daging itu
baginya adalah sedekah, sedangkan bagi kami adalah hadiah. (Shahih Muslim
No.1786)
-
Hadis riwayat
Aisyah ra.:
Bahwa Nabi saw. diberi daging sapi dan dikatakan: Ini adalah
daging yang disedekahkan kepada Barirah. Beliau bersabda: Baginya adalah sedekah
dan bagi kami adalah hadiah. (Shahih Muslim No.1787)
-
Hadis riwayat Ummu
Athiyyah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. mengirimkan kambing sedekah
(zakat). Lalu aku mengirimkan sebagiannya kepada Aisyah ra. Ketika Rasulullah
saw. datang kepada Aisyah ra. beliau bertanya: Apakah kalian mempunyai sesuatu?
Aisyah ra. menjawab: Tidak, kecuali bahwa Nusaibah (Ummu Athiyyah) mengirimkan
kepada kita sebagian kambing yang baginda kirimkan kepadanya. Rasulullah saw.
bersabda: Kambing itu telah mencapai kehalalannya (hilang hukum sedekah sehingga
menjadi halal bagi kita). (Shahih Muslim No.1789)
45. Nabi saw.
menerima hadiah dan menolak sedekah (zakat)
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Bahwa Nabi saw. biasanya bila dibawakan makanan, beliau selalu
menanyakannya terlebih dahulu. Jika dikatakan bahwa makanan itu adalah hadiah,
maka beliau memakannya. Dan kalau dikatakan bahwa itu adalah sedekah, maka
beliau tidak mau memakannya. (Shahih Muslim No.1790)
46. Doa untuk
orang yang datang membawa sedekah
-
Hadis riwayat
Abdullah bin Abu Aufa ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bila didatangi oleh
orang-orang yang membawa sedekah mereka, beliau berdoa: "Ya Allah, rahmatilah
mereka". Ketika ayahku, Abu Aufa datang membawa sedekahnya, beliau berdoa: Ya
Allah, rahmatilah keluarga Abu Aufa. (Shahih Muslim No.1791)