Kitab Jenazah
1. Meratapi
mayit
-
Hadis riwayat
Usamah bin Zaid ra., ia berkata:
Kami sedang berada di dekat Rasulullah saw.
ketika seorang di antara putri beliau menyuruh seseorang memanggil beliau dan
memberi kabar bahwa anak putri beliau itu sedang menghadapi maut, Rasulullah
saw. bersabda kepada utusan tersebut: Kembalilah dan kabarkan kepadanya bahwa
apa yang Allah ambil dan Allah berikan adalah milik-Nya semata. Segala sesuatu
di sisi-Nya adalah dengan batas waktu tertentu. Suruhlah ia untuk bersabar dan
mengharap pahala. Utusan itu kembali dan berkata: Dia berjanji akan memenuhi
pesan-pesan itu. Lalu Nabi saw. berdiri diikuti oleh Saad bin Ubadah dan Muadz
bin Jabal. Aku pun (Usamah bin Zaid) ikut berangkat bersama mereka. Kepada
Rasulullah saw. anak (dari putri beliau) diserahkan dan jiwanya bergolak seperti
berada dalam qirbah (tempat air) tua. Kedua mata Rasulullah saw. menitikkan air
mata. Lalu Saad bertanya: Apa arti air mata itu, ya Rasulullah? Rasulullah saw.
bersabda: Ini adalah rahmat (kasih sayang) yang diletakkan Allah dalam hati para
hamba-Nya. Sesungguhnya Allah mengasihi para hamba-Nya yang pengasih. (Shahih
Muslim No.1531)
-
Hadis riwayat
Abdullah bin Umar ra., ia berkata:
Saad bin Ubadah mengalami sakit keras,
lalu Rasulullah saw. menjenguknya bersama Abdurrahman bin Auf, Saad bin Abu
Waqqash dan Abdullah bin Masud. Ketika beliau tiba, beliau mendapatinya dalam
keadaan tidak sadarkan diri. Rasulullah saw. bertanya: Apakah ia telah meninggal
dunia? Orang-orang yang hadir di sana menjawab: Belum, ya Rasulullah. Kemudian
Rasulullah saw. menangis. Ketika para sahabat melihat tangis Rasulullah saw.,
mereka ikut menangis. Lalu Rasulullah saw. bersabda: Tidakkah kalian mendengar
bahwa sesungguhnya Allah tidak menyiksa karena air mata dan atau karena
kesedihan hati. Tetapi Dia menyiksa atau mengasihi sebab ini. Beliau menunjuk ke
lidah beliau (maksudnya karena ratapan yang diucapkan lidah karena menolak qada
dan takdir Allah atas si mayit). (Shahih Muslim No.1532)
2. Kesabaran
adalah pada awal tertimpa musibah
3. Mayit disiksa
karena ratapan (penyesalan) keluarganya
-
Hadis riwayat Umar
ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya mayit akan disiksa karena
tangis ratapan (penyesalan) keluarganya. (Shahih Muslim No.1536)
-
Hadis riwayat Ibnu
Umar ra.:
Dari Abdullah bin Abu Mulaikah, ia berkata: Aku sedang duduk di
samping Ibnu Umar. Kami sedang menunggu jenazah Ummu Aban binti Usman.
Bersamanya juga ada Amru bin Usman. Kemudian Ibnu Abbas datang dituntun oleh
seseorang yang menunjukkan tempat Ibnu Umar. Ibnu Abbas datang dan duduk di
sampingku. Aku berada di tengah-tengah antara Ibnu Umar dan Ibnu Abbas.
Tiba-tiba terdengar suara dari rumah. Lalu Ibnu Umar berkata: Nampaknya ia
berusaha menghalangi Amru untuk berdiri guna melarang mereka. Aku pernah
mendengar Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya mayit itu akan disiksa karena
tangis ratapan keluarganya. Ia berkata: Abdullah menjadikannya mutlak
(sebelumnya adalah dengan bersyarat). Ibnu Abbas berkata: Kami sedang bersama
Amirul mukminin Umar bin Khathab. Ketika kami tiba di Baida, tiba-tiba ada
seseorang yang berteduh di bawah sebatang pohon. Amirul mukminin berkata
kepadaku: Pergi dan lihat siapa orang itu! Aku pun pergi, ternyata orang itu
Shuhaib. Aku kembali kepada Umar dan berkata: Engkau menyuruhku untuk melihat
siapa orang itu. Dia adalah Shuhaib. Umar berkata: Suruh ia ikut bersama kita!
Aku berkata: Jika ia bersama keluarganya? Umar berkata: Walaupun bersama
keluarganya. Atau mungkin Ayyub berkata: Suruhlah ia menemuiku. Tidak lama
setelah kami datang Amirul mukminin terkena musibah. Shuhaib datang menemuinya
sambil meratap: Aduh saudaraku! Aduh temanku! Umar berkata: Tidakkah engkau tahu
(atau tidakkah engkau mendengar) Ayyub berkata: Belum tahukah engkau atau Belum
mendengarkah engkau bahwa Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya mayit itu akan
disiksa karena tangis ratapan keluarganya. Adapun Abdullah ia menjadikannya
umum, adapun Umar ia berkata: Pada keadaan tertentu. Maka aku (Abdullah bin
Abdullah bin Abu Mulaikah) berdiri dan menemui Aisyah dan bercerita kepadanya
apa yang dikatakan oleh Ibnu Umar Aisyah berkata: Tidak, demi Allah! Rasulullah
saw. sama sekali tidak bersabda: Sesungguhnya mayit akan disiksa sebab tangis
seseorang. Tetapi beliau bersabda: Sesungguhnya orang kafir itu ditambah
siksanya oleh Allah sebab tangis keluarganya Sungguh, Allah adalah Zat yang
membuat tertawa dan membuat menangis. Dan seseorang yang berdosa tidak akan
memikul dosa orang lain.. (Shahih Muslim No.1543)
-
Diriwayatkan
Mughirah bin Syu`bah ra., ia berkata:
Aku mendengar Rasulullah saw.
bersabda: Barang siapa yang diratapi, maka ia akan disiksa pada hari kiamat
nanti dengan yang diratapkan atasnya. (Shahih Muslim No.1549)
4. Teguran keras
terhadap perbuatan meratap
-
Hadis riwayat
Aisyah ra., ia berkata:
Ketika berita gugurnya Ibnu Haritsah, Jakfar bin Abu
Thalib dan Abdullah bin Rawahah sampai kepada Rasulullah saw., Rasulullah saw.
pun duduk bersedih hati. Ia (Aisyah) berkata: Aku melihat dari celah pintu. Lalu
datang seseorang mengabarkan kepada Rasulullah saw., katanya: Wahai Rasulullah
saw., sungguh istri-istri Jakfar! Orang itu menceritakan tangis istri-istri
Jakfar. Mendengar itu Rasulullah saw. menyuruh orang tersebut untuk melarangnya.
Dia pun pergi, lalu kembali lagi, menuturkan bahwa istri-istrinya tidak mau
menurut. Rasulullah saw. menyuruhnya lagi agar melarang istri-istri Jakfar
meratap. Dia pun pergi menuju istri-istri Jakfar lalu kembali lagi kepada
Rasulullah saw. sambil berkata: Demi Allah, mereka keras kepala, wahai
Rasulullah. Aisyah menyangka bahwa Rasulullah saw. bersabda: Pergilah dan
jejalkanlah debu tanah ke mulut mereka! Aisyah berkata: Aku berkata:
Mudah-mudahan Allah menghinakanmu! Engkau tidak melaksanakan apa yang
diperintahkan oleh Rasulullah saw. dan engkau tidak mau meninggalkan Rasulullah
saw. bebas dari beban. (Shahih Muslim No.1551)
-
Hadis riwayat Ummu
Athiyyah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. mengambil janji kami saat baiat,
yaitu agar kami tidak meratapi mayit. Tidak ada di antara kami yang menepati
baiat itu kecuali lima orang wanita; Ummu Sulaim, Ummul `Ala, putri Abu Sabrah
(istri Muaz) atau putri Abu Sabrah dan istri Muaz. (Shahih Muslim
No.1552)
5. Kaum wanita
dilarang mengiringi jenazah
6. Memandikan
mayat
-
Hadis riwayat Ummu
Athiyyah ra., ia berkata:
Nabi saw. menjumpai kami, ketika kami sedang
memandikan putri beliau. Beliau bersabda: Mandikanlah ia tiga kali atau lima
kali atau lebih banyak lagi bila menurut kalian hal itu perlu, dengan air dan
daun bidara. Dan pada basuhan terakhir bubuhkanlah kapur barus atau sedikit
kapur barus. Kalau kalian sudah selesai, beritahukanlah aku. Ketika kami
selesai, kami memberitahu beliau, lalu beliau memberikan kain beliau kepada kami
seraya bersabda: Pakaikanlah ini padanya. (Shahih Muslim No.1557)
7. Mengafani
mayat
-
Hadis riwayat
Khabbab bin Arat ra., ia berkata:
Kami hijrah bersama Rasulullah saw. di
jalan Allah, mengharapkan keridaan Allah, maka pahala kami atas tanggungan
Allah. Di antara kami ada orang-orang yang sama sekali tidak sempat merasakan
ganjaran-Nya (di dunia), seperti Mush'ab bin Umair. Dia terbunuh pada perang
Uhud. Padanya tidak ditemukan sesuatu pun untuk mengafani dirinya, kecuali
sehelai selimut. Apabila kami tutupkan selimut itu pada kepalanya, maka kedua
kakinya keluar (tidak tertutup) dan kalau selimut itu kami tutupkan pada kedua
kakinya, kepalanya keluar. Lalu Rasulullah saw. bersabda: Tutupkanlah selimut
itu di kepalanya, sedangkan kedua kakinya tutupilah dengan idzkhir (sejenis
rerumputan yang harum baunya). Namun, di antara kami ada pula orang-orang yang
memiliki buah-buahan yang matang, lalu ia dapat memetiknya (berkesempatan
merasakan ganjaran-Nya di dunia). (Shahih Muslim No.1562)
-
Hadis riwayat
Aisyah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. dikafani dalam tiga lapis kain tenun
putih yang terbuat dari kapas, tanpa ada baju ataupun sorban. Adapun tentang
selimut Yaman, orang-orang keliru mengira bahwa selimut itu dibeli untuk
mengafani beliau, tetapi selimut itu ditinggalkan (sebagai warisan) dan beliau
dikafani dalam tiga lapis kain tenun putih. Lalu selimut itu diambil oleh
Abdullah bin Abu Bakar. Ia berkata: Aku akan menyimpannya untuk mengafani diriku
nanti. Namun, kemudian ia berkata: Seandainya Allah meridainya bagi Nabi-Nya,
tentu Dia mengafani beliau dalam selimut itu. Lalu Abdullah menjualnya dan
menyedekahkan uang hasil penjualannya. (Shahih Muslim No.1563)
8. Menutupi
seluruh tubuh mayit
-
Hadis riwayat
Aisyah, Ummul mukminin ra., ia berkata:
Ketika beliau wafat, seluruh tubuh
Rasulullah saw. ditutupi dengan kain hibarah (kain katun berhias). (Shahih
Muslim No.1566)
9. Mempercepat
pengurusan jenazah
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Dari Nabi saw., beliau bersabda: Percepatlah pengurusan
jenazah! Karena, jika jenazah itu baik, maka sudah sepantasnya kalian
mempercepatnya menuju kebaikan. Dan kalau tidak demikian (tidak baik), maka
adalah keburukan yang kalian letakkan dari leher-leher kalian (melepaskan dari
tanggungan kalian). (Shahih Muslim No.1568)
10. Keutamaan
salat jenazah dan mengiringinya
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Barang siapa menghadiri
jenazah sampai jenazah itu disalati, maka ia mendapatkan satu qirath. Dan barang
siapa menghadirinya sampai jenazah itu dikuburkan, maka ia mendapatkan dua
qirath. Ada yang bertanya: Apakah dua qirath itu? Rasulullah saw. bersabda: Sama
dengan dua gunung yang besar. (Shahih Muslim No.1570)
-
Hadis riwayat
Tsauban ra. maula Rasulullah saw.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Barang
siapa menyalati jenazah, maka ia mendapatkan satu qirath. Jika ia menghadiri
penguburannya, maka ia mendapatkan dua qirath. Satu qirath sama dengan gunung
Uhud. (Shahih Muslim No.1575)
11. Tentang
pujian atau celaan bagi orang yang meninggal
-
Hadis riwayat Anas
bin Malik ra., ia berkata:
Ketika iring-iringan membawa jenazah lewat,
orang-orang memuji jenazah dengan kebaikan, kemudian Nabi saw. bersabda: Wajib,
wajib, wajib. Lalu lewat pula iringan jenazah lain, orang-orang mencelanya
dengan keburukan, kemudian Nabi saw. bersabda: Wajib, wajib, wajib. Umar
berkata: Menjadi penebusmu, ayah dan ibuku! Ada iringan jenazah lewat dan
orang-orang memujinya sebagai orang baik, lalu engkau mengatakan: Wajib, wajib,
wajib. Lewat pula iringan jenazah lain yang disifati sebagai orang jahat, lalu
engkau mengatakan: Wajib, wajib, wajib. Apa artinya itu? Rasulullah saw.
bersabda: Orang yang kalian puji sebagai orang baik, maka wajib baginya surga,
sedangkan orang yang kalian katakan sebagai jahat, maka wajib baginya neraka.
Kalian adalah para saksi Allah di bumi. Kalian adalah para saksi Allah di bumi.
Kalian adalah para saksi Allah di bumi. (Shahih Muslim No.1578)
12. Tentang
orang yang beristirahat dan yang diistirahatkan darinya
-
Hadis riwayat Abu
Qatadah bin Rib`iy ra.:
Bahwa Rasulullah saw. dilewati iringan jenazah, lalu
beliau bersabda: Yang beristirahat dan yang ditinggalkan. Para sahabat bertanya:
Wahai Rasulullah, apakah yang beristirahat dan yang ditinggalkan? Rasulullah
saw. bersabda: Seorang hamba yang beriman itu beristirahat dari kepayahan dunia.
Sedangkan seorang hamba yang jahat, manusia, negara, pepohonan dan hewan,
semuanya merasa tenteram dari kejahatannya. (Shahih Muslim
No.1579)
13. Takbir dalam
salat jenazah
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. mengumumkan kemangkatan Raja Najasyi
kepada kaum muslimin pada hari kematiannya, maka beliau dan kaum muslimin keluar
menuju ke tempat salat dan bertakbir empat kali (melaksanakan salat gaib).
(Shahih Muslim No.1580)
-
Hadis riwayat Jabir
bin Abdullah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. menyalatkan Ash-hamah An-Najasyi,
beliau bertakbir empat kali. (Shahih Muslim No.1582)
14. Salat di
atas kubur
-
Hadis riwayat
Abdullah bin Abbas ra.:
Bahwa Rasulullah saw. menyalati mayit di atas kubur,
sesudah mayit dikubur. Beliau bertakbir empat kali. (Shahih Muslim No.1586)
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Bahwa seorang wanita hitam yang biasa menyapu mesjid, suatu
hari Rasulullah saw. merasa kehilangannya (tidak melihatnya). Lalu beliau
bertanya kabarnya, para sahabat menjawab: Dia sudah meninggal dunia. Rasulullah
saw. menegur: Kenapa kalian tidak memberitahukan kepadaku? Seakan-akan para
sahabat menganggap kecil urusannya atau urusan kematian. Kemudian Rasulullah
saw. bersabda: Tunjukkan aku kuburnya. Setelah ditunjukkan, beliau menyalatinya
kemudian bersabda: Sungguh pekuburan ini penuh dengan kegelapan bagi para
penghuninya dan sesungguhnya Allah meneranginya sebab salatku atas mereka.
(Shahih Muslim No.1588)
15. Berdiri
karena jenazah
-
Hadis riwayat Amir
bin Rabiah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Apabila kalian melihat
iringan jenazah, maka berdirilah menghormatinya sampai iringan jenazah itu lewat
meninggalkan kalian atau sampai diletakkan dalam kubur. (Shahih Muslim
No.1590)
-
Hadis riwayat Abu
Said ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Apabila kalian mengiringi
jenazah, maka janganlah kalian duduk sebelum jenazah itu diletakkan. (Shahih
Muslim No.1591)
-
Hadis riwayat Jabir
bin Abdullah ra., ia berkata:
Ada iringan jenazah lewat, lalu Rasulullah
saw. berdiri menghormatinya dan kami ikut berdiri bersama beliau. Kemudian kami
berkata: Wahai Rasulullah, jenazah itu adalah jenazah Yahudi. Rasulullah saw.
bersabda: Sesungguhnya kematian itu menggetarkan, maka jika kalian melihat
iringan jenazah, maka berdirilah. (Shahih Muslim No.1593)
-
Hadis riwayat Qais
bin Saad ra. dan Sahal bin Hunaif ra.:
Dari Ibnu Abu Laila bahwa ketika Qais
bin Saad ra. dan Sahal bin Hunaif ra. sedang berada di Qadisiyah, tiba-tiba ada
iringan jenazah melewati mereka, maka keduanya berdiri. Lalu dikatakan kepada
keduanya: Jenazah itu adalah termasuk penduduk setempat (yakni orang kafir).
Mereka berdua berkata: Sesungguhnya Rasulullah saw. pernah dilewati iringan
jenazah, lalu beliau berdiri. Ketika dikatakan: Jenazah itu Yahudi, Rasulullah
saw. bersabda: Bukankah ia juga manusia?. (Shahih Muslim No.1596)
16. Tempat
berdirinya imam ketika salat jenazah