Kitab Pakaian Dan
Perhiasan
1. Haram
menggunakan wadah yang terbuat dari emas atau perak untuk minum dan sebagainya,
baik bagi pria maupun wanita
-
Hadis riwayat Ummu
Salamah ra., istri Nabi saw.:
Rasulullah saw. bersabda: Orang yang minum
dengan wadah yang terbuat dari perak, sesungguhnya menggelegak dalam perutnya
api neraka Jahanam. (Shahih Muslim No.3846)
2. Haram
menggunakan wadah emas dan perak bagi pria dan wanita. Haram cincin emas dan
sutera untuk pria tetapi boleh bagi wanita dan diperbolehkan memakai kain sutera
bagi lelaki (sebagai tanda) asal lebarnya tidak lebih dari empat jari
-
Hadis riwayat
Barra' bin Azib ra., ia berkata:
Rasulullah saw. memerintahkan kami untuk
melaksanakan tujuh perkara dan melarang kami dari tujuh perkara. Beliau
memerintahkan kami menjenguk orang sakit, mengiringi jenazah, mendoakan orang
bersin (mengucap yarhamukallah), melaksanakan sumpah dengan benar, menolong
orang yang teraniaya, memenuhi undangan dan menyebarkan salam. Beliau melarang
kami dari cincin atau bercincin emas, minum dengan wadah dari perak, hamparan
sutera, pakaian buatan Qas (terbuat dari sutera) serta mengenakan pakaian sutera
baik yang tebal dan tipis. (Shahih Muslim No.3848)
-
Hadis riwayat
Hudzaifah bin Yaman ra.:
Bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: Janganlah
kalian minum dalam wadah emas dan perak dan jangan mengenakan pakaian sutera
sebab pakaian sutera itu untuk mereka (orang-orang kafir) di dunia dan untuk
kalian di akhirat pada hari kiamat. (Shahih Muslim No.3849)
-
Hadis riwayat Ibnu
Umar ra.:
Bahwa Umar bin Khathab melihat kain sutera bergaris pada pintu
mesjid lalu berkata: Ya Rasulullah saw.! Kalau saja engkau membeli ini lalu
engkau kenakan di hadapan kaum muslimin pada hari Jumat dan untuk menemui tamu
utusan (delegasi) yang datang kepadamu! Rasulullah saw. bersabda: Yang memakai
ini hanyalah orang yang tidak mempunyai bagian memakainya di akhirat. Beberapa
waktu kemudian, Rasulullah saw. mendapatkan beberapa potong kain sutera.
Rasulullah saw. memberikan sebagian kepada Umar. Umar bertanya: Ya Rasulullah
saw.! Engkau memberikanku pakaian ini padahal engkau telah mengatakan tentang
kain sutera Utharid beberapa waktu yang lalu? Rasulullah saw. bersabda: Aku
memberikan ini kepadamu bukan untuk engkau pakai. Lalu Umar memberikannya kepada
saudaranya yang masih musyrik di Mekah. (Shahih Muslim No.3851)
-
Hadis riwayat Ali
bin Abu Thalib ra., ia berkata:
Dihadiahkan kepada Rasulullah saw. kain
sutera bergaris. Rasulullah saw. mengirimkannya kepadaku maka aku pun
memakainya. Tetapi aku melihat kemarahan di wajah beliau. Beliau bersabda:
Sungguh, aku mengirimkan pakaian itu kepadamu bukannya untuk engkau pakai tetapi
aku mengirimkannya agar engkau memotong-motongnya menjadi kerudung buat para
wanita. (Shahih Muslim No.3862)
-
Hadis riwayat Anas
bin Malik ra., ia berkata:
Rasulullah saw. mengirimkan selembar jubah sutera
tipis kepada Umar. Lalu Umar berkata: Engkau mengirimkan pakaian ini kepadaku
padahal engkau telah mengatakan tentangnya kemarin. Rasulullah saw. bersabda:
Aku mengirimkannya kepadamu bukan untuk engkau pakai, tetapi agar engkau dapat
memanfaatkan harga penjualannya. (Shahih Muslim No.3865)
-
Hadis riwayat Anas
bin Malik ra. berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Barang siapa mengenakan
pakaian sutera di dunia, maka ia tidak akan memakainya di akhirat. (Shahih
Muslim No.3866)
-
Hadis riwayat Uqbah
bin Amir ra., ia berkata:
Rasulullah saw. diberi hadiah sejenis pakaian luar
dari sutera. Beliau memakainya untuk mendirikan salat. Ketika selesai salat,
beliau segera menanggalkannya dengan keras seperti tidak menyukainya kemudian
bersabda: Tidak pantas pakaian ini untuk orang-orang yang bertakwa. (Shahih
Muslim No.3868)
3. Boleh kaum
pria memakai sutera bila ia berkudis atau sejenisnya
4. Keutamaan
pakaian hibarah
5. Kesederhanaan
dalam berpakaian serta mencukupkan diri dengan yang kasar dan mudah dalam
pakaian, permadani dan sebagainya. Boleh memakai pakaian berbulu dan pakaian
yang ada gambarnya
-
Hadis riwayat
Aisyah ra.:
Dari Abu Burdah ia berkata: Aku datang untuk menemui Aisyah ra.
lalu ia mengeluarkan kain kasar buatan Yaman dan baju dari kain tambalan. Aisyah
ra. bersumpah demi Allah, bahwa Rasulullah saw. wafat ketika sedang memakai
kedua potong pakaian ini. (Shahih Muslim No.3879)
-
Hadis riwayat
Aisyah ra., ia berkata:
Bantal Rasulullah saw. yang biasa beliau gunakan
untuk bersandar adalah terbuat dari kulit yang diisi sabut. (Shahih Muslim
No.3882)
6. Boleh
menggunakan permadani
-
Hadis riwayat Jabir
bin Abdullah ra., ia berkata:
Ketika aku kawin, Rasulullah saw. bertanya
kepadaku: Apakah engkau mempergunakan permadani? Saya menjawab: Bagaimana saya
mempunyai permadani itu. Rasulullah saw. bersabda: Ingatlah, sesungguhnya itu
akan ada. (Shahih Muslim No.3884)
7. Haram
menyeretkan pakaian karena sombong serta menerangkan batas memanjangkan pakaian
yang diperbolehkan dan yang dianjurkan
-
Hadis riwayat Ibnu
Umar ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Allah tidak akan memandang orang
yang menyeretkan pakaiannya dengan sombong. (Shahih Muslim No.3887)
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Ia melihat seorang lelaki menyeret kainnya, ia menghentakkan
kakinya ke bumi, lelaki itu adalah pangeran (penguasa) Bahrain. Ia berkata:
Pangeran datang, pangeran datang! Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya Allah
tidak akan memandang orang yang menyeretkan kainnya dengan kecongkakan. (Shahih
Muslim No.3893)
8. Haram
berlagak dalam berjalan sambil mengagumi pakaiannya
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Dari Nabi saw., beliau bersabda: Ketika seorang lelaki sedang
berjalan, ia benar-benar terkejut oleh juntai rambut dan mantelnya, tiba-tiba ia
berikut bumi ditenggelamkan maka iapun terbenam di dalam bumi sampai hari
kiamat. (Shahih Muslim No.3894)
9. Pengharaman
cincin emas bagi pria dan penghapusan hukum dibolehkannya pada permulaan
Islam
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra.:
Dari Nabi saw., beliau melarang memakai cincin emas. (Shahih
Muslim No.3896)
-
Hadis riwayat
Abdullah bin Umar ra., ia berkata:
Bahwa Rasulullah saw. menyuruh untuk
membuatkan cincin dari emas. Beliau meletakkan mata cincinnya pada bagian dalam
telapak tangan bila beliau memakainya. Orang-orang pun berbuat serupa. Kemudian
suatu ketika, beliau duduk di atas mimbar lalu mencopot cincin itu seraya
bersabda: Aku pernah memakai cincin ini dan meletakkan mata cincinnya di bagian
dalam. Lalu beliau membuang cincin itu dan bersabda: Demi Allah, aku tidak akan
memakainya lagi untuk selamanya! Orang-orang juga ikut membuang cincin-cincin
mereka. (Shahih Muslim No.3898)
10. Nabi saw.
memakai cincin perak yang ada ukiran kata Muhammad Rasulullah dan para khalifah
sesudah beliau juga memakainya
-
Hadis riwayat Anas
bin Malik ra., ia berkata:
Nabi saw. memakai cincin perak. Pada cincin itu
terpahat kata Muhammad Rasulullah. Beliau bersabda kepada kaum muslimin: Aku
membuat cincin dari perak dan padanya aku ukir kata Muhammad Rasulullah tak
seorang pun dapat mengukir pada ukirannya. (Shahih Muslim No.3901)
11. Tentang
membuang cincin
12. Sunat bila
memakai sandal yang sebelah kanan dahulu dan bila mencopot yang sebelah kiri
dahulu serta makruh berjalan dengan satu sandal
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Apabila seseorang di
antara kalian memakai sandal hendaknya ia mendahulukan yang sebelah kanan dan
kalau bermaksud melepasnya, hendaklah ia mulai dari sebelah kiri. Dan hendaknya
ia memakai sepasang sandal itu sekaligus atau melepas keduanya. (Shahih Muslim
No.3913)
13. Tentang
diperbolehkannya berbaring sambil meletakkan sebelah kaki pada kaki yang
lain
14. Larangan
mencelup pakaian dengan warna kuning kunyit
15. Bersikap
berbeda dengan orang Yahudi dalam hal pewarnaan
16. Haram
menggambar binatang dan haram menggunakan permadani dan sebagainya yang jarang
dipakai dan yang ada gambarnya serta bahwa malaikat tidak akan memasuki rumah
yang ada gambar atau ada anjingnya
-
Hadis riwayat Ibnu
Abbas ra.:
Dari Nabi saw., beliau bersabda: Malaikat tidak akan memasuki
rumah yang ada anjing atau ada gambarnya. (Shahih Muslim No.3929)
-
Hadis riwayat
Aisyah ra., ia berkata:
Kami mempunyai tirai bergambar burung. Orang yang
hendak masuk tentu akan melihat tirai bergambar itu. Lalu Rasulullah saw.
bersabda kepadaku: Gantilah tirai ini sebab setiap kali aku masuk dan
melihatanya aku menjadi teringat akan dunia. Aisyah ra. berkata: Kami mempunyai
sepotong kain beludru yang biasa kami sebut bergambar sutera dan kami
memakainya. (Shahih Muslim No.3934)
-
Hadis riwayat Ibnu
Umar ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Orang-orang yang melukis
gambar-gambar akan disiksa pada hari kiamat, kepada mereka difirmankan: Hidupkan
apa yang telah kalian ciptakan. (Shahih Muslim No.3942)
-
Hadis riwayat
Abdullah bin Masud ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Manusia yang
paling berat siksaannya pada hari kiamat adalah para juru gambar. (Shahih Muslim
No.3943)
-
Hadis riwayat Ibnu
Abbas ra., ia berkata:
Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda: Setiap tukang
gambar itu akan masuk neraka. Allah akan menjadikan baginya dengan setiap gambar
yang ia buat sesosok jiwa yang akan menyiksanya di neraka Jahanam. (Shahih
Muslim No.3945)
-
Hadis riwayat Abu
Hurairah ra., ia berkata:
Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda:
Allah Taala berfirman: Siapa lagi orang yang lebih zalim daripada orang yang
mencoba membuat ciptaan seperti ciptaan-Ku? Mereka boleh mencoba menciptakan
sebuah atom atau menciptakan biji-bijian atau menciptakan jelai. (Shahih Muslim
No.3947)
17. Makruh
mengalungkan leher unta dengan kalung tali
18. Boleh
menandai binatang pada anggota tubuh selain muka dan anjuran menandai ternak
zakat dan pajak
-
Hadis riwayat Anas
bin Malik ra., ia berkata:
Ketika Ummu Sulaim melahirkan ia berkata
kepadaku: Hai Anas! Lihatlah anak ini, ia tidak akan memakan sesuatu sebelum
engkau pergi membawanya kepada Nabi saw. agar beliau mengolesi mulutnya dengan
kunyahan makanan manis (tahnik). Ia berkata: Lalu aku pun berangkat dan menemui
Rasulullah saw. sedang berada di kebun memakai pakaian bercorak dari kain wol
hitam tengah menandai unta yang diserahkan kepada beliau pada hari penaklukan.
(Shahih Muslim No.3955)
19. Makruh
mencukur rambut sebagian kepala
20. Larangan
duduk di jalan umum dan memberikan kepada jalan apa yang menjadi haknya
-
Hadis riwayat Abu
Said Al-Khudri ra.:
Dari Nabi saw., beliau bersabda: Hindarilah duduk di
jalan-jalan! Para sahabat berkata: Ya Rasulullah saw! Kami tidak dapat
menghindar untuk duduk berbincang-bincang di sana (di jalan). Rasulullah saw.
bersabda: Kalau memang kalian harus duduk juga, maka berikanlah pada jalan itu
haknya. Para sahabat bertanya: Apakah haknya? Rasulullah saw. bersabda: Menjaga
penglihatan, menyingkirkan hal-hal yang membahayakan, menjawab salam, amar
makruf dan nahi munkar. (Shahih Muslim No.3960)
21. Haram
menyambung rambut dengan rambut orang lain dan meminta disambungkan rambutnya
dengan rambut orang lain, membuat tato dan minta dibuatkan tato, menghilangkan
rambut pada wajah dan meminta dihilangkan rambut pada wajahnya, merenggangkan
gigi dan mengubah ciptaan Allah
-
Hadis riwayat Asma
binti Abu Bakar ra., ia berkata:
Seorang wanita datang kepada Nabi saw. lalu
berkata: Ya Rasulullah saw., aku mempunyai anak perempuan yang akan menjadi
pengantin. Ia pernah terkena penyakit campak sehingga rambutnya rontok. Bolehkah
aku menyambungnya (dengan rambut lain)? Rasulullah saw. bersabda: Allah mengutuk
wanita yang menyambungkan rambut seorang wanita dengan rambut lain dan wanita
yang disambungkan rambutnya. (Shahih Muslim No.3961)
-
Hadis riwayat
Aisyah ra.:
Bahwa seorang budak perempuan Ansar kawin. Tetapi, karena
sebelumnya menderita sakit, maka rambutnya rontok. Keluarganya ingin menyambung
rambutnya. Lalu mereka bertanya kepada Rasulullah saw. tentang hal itu. Dan
Rasulullah saw. mengutuk wanita yang menyambungkan rambut seorang wanita dengan
rambut lain dan wanita yang minta disambungkan rambutnya. (Shahih Muslim
No.3963)
-
Hadis riwayat Ibnu
Umar ra., ia berkata:
Rasulullah saw. mengutuk wanita yang menyambungkan
rambut seorang wanita dan wanita yang minta disambungkan rambutnya, orang yang
membuatkan tato dan orang yang meminta dibuatkan tato. (Shahih Muslim
No.3965)
-
Hadis riwayat
Abdullah bin Masud ra., ia berkata:
Allah mengutuk wanita-wanita pembuat
tato dan wanita-wanita yang minta dibuatkan tato, wanita-wanita yang mencukur
rambut wajah dan wanita-wanita yang minta dihilangkan rambut wajahnya serta
wanita-wanita yang merenggangkan gigi demi kecantikan yang merubah ciptaan
Allah. Perkataan Abdullah bin Masud itu sampai kepada seorang wanita dari Bani
Asad bernama Ummu Yaqub yang sedang membaca Alquran. Lalu ia datang kepada
Abdullah bin Masud dan berkata: Apakah benar berita yang sampai kepadaku, bahwa
engkau mengutuk wanita-wanita pembuat tato, wanita-wanita yang minta dibuatkan
tato, wanita-wanita yang minta dihilangkan rambut wajahnya dan wanita-wanita
yang merenggangkan gigi demi kecantikan yang mengubah ciptaan Allah. Abdullah
berkata: Bagaimana aku tidak mengutuk wanita-wanita yang telah dikutuk oleh
Rasulullah saw? Sedangkan itu disebutkan dalam Kitab Allah. Wanita itu
membantah: Aku sudah membaca semua isi Alquran, tetapi aku tidak mendapatkannya.
Maka Abdullah bin Masud berkata: Jika engkau benar-benar membacanya, pasti
engkau telah menemukannya. Allah Taala berfirman: Apa yang diberikan Rasul
kepada kalian, maka ambilah dan apa yang ia larang atas kalian, maka
tinggalkanlah. Wanita itu berkata: Aku melihat sesuatu (kejanggalan) pada
istrimu dari yang engkau bicarakan ini. Abdullah bin Masud berkata: Pergilah dan
lihat! Wanita itupun menemui istri Abdullah bin Masud. Ia tidak melihat suatu
kejanggalan. Kemudian ia kembali kepadanya dan berkata: Aku tidak melihat suatu
kejanggalan. Abdullah bin Masud berkata: Jika seandainya demikian (pada istriku
terdapat sesuatu dari yang kubicarakan), tentu aku tidak akan menyetubuhinya.
(Shahih Muslim No.3966)
-
Hadis riwayat
Muawiyah bin Abu Sufyan ra.:
Dari Humaid bin Abdurrahman bin Auf bahwa dia
mendengar dari Muawiyah bin Abu Sufyan pada musim haji yang sedang berdiri di
atas mimbar dan menerima potongan rambut dari seorang pengawalnya, berkata:
Wahai rakyat Madinah. Mana ulama kalian? Aku pernah mendengar Rasulullah saw.
melarang hal semacam ini (jambul rambut), beliau bersabda: Sesungguhnya Bani
Israel mengalami kebinasaan adalah ketika para wanita mereka melakukan hal ini
itu. (Shahih Muslim No.3968)
22. Larangan
pemalsuan dalam berpakaian dan sebagainya serta berpura-pura puas terhadap apa
yang belum diterima
-
Hadis riwayat Asma
ra., ia berkata:
Seorang wanita datang kepada Nabi saw. lalu berkata: Aku
mempunyai kebutuhan, apakah aku berdosa bila aku berpura-pura merasa cukup
dengan harta suamiku dengan apa yang tidak ia berikan kepadaku? Rasulullah saw.
bersabda: Orang yang berpura-pura puas dengan apa yang tidak diberikan itu
seperti orang yang mengenakan pakaian palsu. (Shahih Muslim
No.3973)